Salut, Meski Tak Ada Komputer, Guru Ajarkan MS Word Dari Papan Tulis

MAKNYAK.COM - Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Dan Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat Ya Nak...., Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Kalian Dengan Berkomentar

Advertisement

"Tidak Ada Rotan Akar Pun Jadi, Itulah Mungkin Yang Menjadi Moto Guru Dari Ghana Ini"

Guru Hebat ( Sumber Gambar Facebook/Omura Kwadwo )

MakNyak.com - Seorang guru di Ghana berhasil menyita perhatian media Internasional lantaran metode uniknya dalam mengajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Lantaran disekolah tempatnya mengajar masih belum ada fasilitas komputer di kelas, ia pun mengajari murid-muridnya cara menggunakan komputer dengan menggambarnya di papan tulis layaknya sebuah monitor.

Owura Kwadwo, yang yang asalnya dari Kumasi, Ghana, ingin memberikan pengarahan dan juga membantu para murid agar terbiasa dengan tampilan pada fungsi komputer. Sayangnya, sekolah tempat ia mengajar masih tidak bisa membeli komputer meskipun hanya satu.

Untuk menyiasati hal tersebut, Kwadwo pun memanfaatkan sumber daya seadaannya di sekolah, yaitu dengan memanfaatkan papan tulis dan juga kapur. Dengan dua benda tersebut, Guru bernama Kwadwo itu mulai menggambar visual Microsoft Word pada papan tulis.

Guru Hebat ( Sumber Gambar Facebook/Omura Kwadwo )

Kwadwo membuat gambar tampilam MS Word sesama mungkin dan juga sedetail mungkin agar siswa bisa memahaminya. Yang lebih mengesankan lagi, ia menggambar semua fitur Word dan juga bisa menjelaskan dari masing-masing kegunaan fitur itu.

Kwadwo berharap siswa bisa tahu seperti apa tampilan Dokumen Word meski tidak ada laptop atau komputer. Dengan begitu, siswa suatu saat nanti bisa langsung menggunakan Word pada komputer.

"Saya melakukan ini kepada murid-murid agar murid bisa mengerti apa yang saya ajarkan," ucap Kwado seperti yang dikutip dari Fatherly.

"Setidaknya hal ini bisa memberikan gambaran mengenai apa yang mereka lihat dengan asumsi mereka seolah berada di depan layar komputer."

Mempelajari teknologi di zaman ini adalah hal yang penting, akan tetapi sayang tidak semua orang mempunyai sumber daya untuk bisa mengakses teknologi. Di luar sana masih ada banyak anak-anak yang tidak bisa belajar mengenai teknologi lantaran keterbatasan sumber daya, seperti pada sekolah tempat Kwadwo mengajar ini salah satunya.

Advertisement

My Instagram