5 Kebiasaan Awal Bulan Yang Buat Gaji Langsung LUDES

MAKNYAK.COM - Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Dan Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat Ya Nak...., Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Kalian Dengan Berkomentar

Advertisement

"Terkadang Kita Tidak Sadar Kala Melakukan Hal Itu, Dan Ketika Uang Sudah Menipis Barulah Kita Sadar Apa Yang Sudah Kita Lakukan Adalah Hal Yang BOROS"

Uang Gajian Langsung Habis Setelah Gajian

MakNyak.com - Di saat tanggal tua, semua orang tentu akan cemberut lantaran uangnya sudah habis. Kala awal bulan datang, wajah pun berubah yang tadinya cemberut menjadi ceria lantaran akan mendapatkan gaji, sehingga dompet yang tadinya kekeringan bisa kembali subur.

Akan tetapi jangan keburu senang saat mendapatkan gaji, pasalnya uang itu juga harus cukup untuk kebutuhan kita selama satu bulan penuh. Akan tetapi kebanyakan orang tidak bisa mengatur pola pengeluarannya sehingga gaji akan cepat habis meski waktu berjalan belum sampai pertengahan bulan. Akibatnya nanti bisa pusing sendiri, dan kamu pun terpaksa meminjam teman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Supaya uang gajian tidak langsung habis pada awal bulan dan bisa cukup sampai akhir bulan nanti bahkan juga bisa menabung, sebaiknya kamu mulai menghindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang bisa menguras dompet kamu hingga ludes tak tersisa tanpa kamu sadari.

1. FOYA-FOYA 


Kebanyakan orang memang suka berpoya-poya kala mendapat gaji tanpa memperhitungkan pengeluaran jangka panjang. Karena merasa memiliki uang, kamu sudah tentu akan seenaknya saja membeli barang ini dan barang itu tanpa memperhitungkannya. Boleh-boleh saja memang menjajakan hasil kerja keras, asal diperhitungkan terlebih dahulu berapa pengeluaran yang bisa kamu gunakan dan harus kamu simpan. Jangan sampai kamu justru mempergunakan semua uangnya sampai habis, dan nanti kamu gigit jari karena uang habis.

2. TIDAK MEMPERHITUNGKAN PENGELUARAN HARIAN


Meski baru estimasi, alangkah lebih baiknya jika mulai diperhitungkan rata-rata setiap harinya kamu memerlukan uang untuk membeli kebutuhan pokok, dan kemudian di cocokan dengan gajimu. Dengan begini, setidaknya kamu bisa mempunyai gambaran berapa uang yang bisa dikeluarkan setiap harinya, jika memang ada sisa kamu bisa mempergunakannya untuk kebutuhan lain. Jangan sampai kamu tidak memperhitungkannya.

3. MEMBELI BARANG YANG TIDAK PENTING


Beli HP, Baju, Sepatu atau juga barang-barang baru lainnya merupakan kebutuhan skunder. Pastikan saat membeli barang-barang itu kamu jangan mempergunakan uang gajian jika saja gaji kamu kurang memadai. Perhatikan terlebih dahulu kebutuhan yang pokok, baru jika ada sisa kamu bisa membelanjakannya untuk membeli kebutuhan sekunder atau barang yang tidak begitu penting. 

Akan tetapi kebanyakan orang suka membeli barang-barang, alhasil ketika awal bulan mulai berlalu uang gajian mereka yang di terima di awal bulan pun mendadak mulai menipis tanpa di sadari dan mungkin gajinya bisa tidak sampai akhir bulan sudah habis.

4. TRAKTIR TEMAN


Nraktir temen saat gajian sih boleh-boleh saja, tapi ya tetap harus diperhitungkan lagi berapa bajet yang harus kamu keluarkan, jangan sampai setelah gajian uang langsung ludes hanya buat nraktir temen dan kamu di hari-hari berikutnya ngenes karena uang habis.

5. TAK BISA MENAHAN DIRI


Kala tanggal tua, kamu paling makan dengan ikan asin, telur dan makanan seadanya. Akan tetapi kala di awal bulan kamu bisa makan dengan menu lengkap, seperti daging, sayuran dan menu-menu mahal karena kamu habis gajian. Hal itu boleh-boleh saja dilakukan, akan tetapi sebaiknya tidak dilakukan dan tetap pilih menu makan yang sederhana saja.

Pada dasarnya kamu harus bisa menahan diri untuk membeli segala sesuatu yang bisa menguras uang kamu. Selain itu kamu juga harus melakukan manajemen yang tepat supaya pengeluaran bisa tekan semaksimal mungkin dan tidak kebablasan. Dengan begini kamu tidak perlu takut uang habis sebelum akhir bulan. bahkan berkemungkinan besar kamu bisa menabung.

Advertisement

My Instagram