Kisah Romantis Kakek Badu, Nikahi Gadis Dengan Mahar Rp 300Ribu

MAKNYAK.COM - Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Dan Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat Ya Nak...., Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Kalian Dengan Berkomentar

Advertisement

"Kalau Jodoh Memang Tidak Kemana, Itulah Kata-Kata Yang Tepat Untuk Kakek Badu"

Kakek Badu Dan Istrinya Ika Nurjannah ( Foto @Ahmad Akbar Fua/Liputan6.com )

Kakek Badu berhasil membuat media sosial heboh, pemberitaan mengenai dirinya sejak November 2017 sepertinya tidak berhenti-henti juga. Tekadnya untuk menikahi wanita yang usianya jauh lebih muda daripadanya menjadikan dirinya banyak dibicarakan orang.

Bagaimanakan cara Kakek Badu dalam mengatasi banyaknya cibiran yang tertuju kepadanya terlebih cibiran dari keluarga Istrinya sendiri?, berikut ini cara Kakek Badu dalam mengalahkan hal itu.

PERKENALKAN INILAH SI KAKEK BADU

Badu merupakan pria berusia 56 tahun yang tinggal di Desa Ulu konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Menurut Kakek Badu, Nama Badu itu adalah pemberiaan dari para warga lantaran ia sudah berumur. Padahal, ia belum 1 pun memiliki cucu. Ia bahkan masih lajang.


Kakek Badu merupakans eorang petani di dusunnya. Ia juga memiliki perahu kecil untuk menyeberangkan warga Desa Ulu Konaweha kala hendak pergi berkebun. Sebagaimana umumnya manusia, ia juga memiliki rasa untuk membangun bahtera rumah tangga.

Kabar pernikahan Kakek Badu dengan wanita bernama Ika Nurjanah yang masih berusia (17 tahun) itu pertama kali di post oleh pengguna Facebook dengan nama akun "Sandra Lilis". dimana "Sandra Lilis" mengunggah foto Kakek Badu dan Ika Nurjanah kala sedang memegang buku nikah.

Tidak hanya itu saja, Sandra Lilis juga mengunggah foto dimana kala Kakek badu merangkul Ika Nurjanah dan memperlakukannya begitu mesra.

Lilis dalam unggahannya itu bahkan sempat memberikan balasan dari pertanyaan salah satu netizen yang berkomentar pada unggahannya, "Yang menikah itu perawan dan perjaka tua."

"Mereka berdua sangat bahagia, meski kadang juga malu-malu kucing kala melihat foto mereka." tulis Sandra Lilis dalam komentar

KISAH CINTA BERAWAL DARI KEBUN

Kisah asmara Kakek Badu dengan Ika Nurjanah itu berawal dari kebun. Bisa dibilang jika keduanya mengalami cinta lokasi. Kebetulan kebun milik ayah Ika Nurjanah itu bersebelahan dengan kebun kepunyaan Kakek Badu.


Ana, salah satu tetangga Kakek Badu, mengucapkan jika kebun keduanya ada di Desa Lapuya letaknya bersebelahan. Ika Nurjanah kerap sekali ikut ke kebun untuk membantu kedua orangtuanya.

"Dari situlah ada kemungkinan Kakek Badu dan Ikan Nurjanah saling mengenal." ujar Ana

Selain kerap bertemu di kebun, Kakek Badu dan Ika juga sering bertemu di perahu. Salah satu perahu yang digunakan oleh penduduk untuk menyeberangi sungai, diketahui Perahu milik Kakek Badu adalah satu-satunya. Warga kerap melihat, Kakek Badu dan Ika Nurjanah menarik perahu berdua.

"Tidak lama kerap bertemu, Mungkin keduanya sudah saling suka, ya akhirnya mereka menikah," tambah Ana

MENIKAH DI KUA DENGAN MAHAR 300 RIBU

Pernikahan mereka tidak digelar secara besar-besaran, Bahkan Mahar Kakek Badu pun juga tidak begitu besar, yaitu cukup dengan uang Rp. 300Ribu, Dan Ika Nurjanah menerimanya dengan senang hati.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kolaka Aziz Baking mengucapkan, mahar yang diberikan oleh Kakek uang sebesar Rp. 300 Ribu. Jumlah itu bisa dibilang sangat sederhana. Akan tetapi lantaran cinta, Ika Nurjanah pun tidak menjadikan hal tersebut sebagai masalah.

"Jumlah Mahar itu bisa dibilang sangat sederhana untuk menikahi gadis jaman sekarang." ujarnya

Aziz mengungkapkan jika dokumen pernikahan keduanya sangat lengkap. Dari data itu, Aziz mengerti jika keduanya memang belum pernah melangsungkan pernikahan.

"Petugas KUA yang menikahkan bernama Pak Arsyad Daud, Kepala KUA. Kebetulan ibu dari Ika Nurjanah pun juga hadir dalam acara nikahan itu." Ujar Aziz Baking.

Baik Kakek Badu dan Ika keduanya memang tidak mau melangsungkan pernikahan di rumah. Keduanya memilih untuk melakukannya di KUA Kecamatan Wundulako, sebagai tempat ijab Kabul. KUA Wundulako itu ada di Jl. Poros Kolaka-Pomalaa Nomor 20, Kelurahan Kowioha.

Kedua belah pihak keluarga semuanya datang, mereka datang dengan dua mobil. Arsyad menjelaskan jika perbedaan usia keduanya justru mendapatkan dukungan dari keluarga. Pasalnya, baik keluarga atau kerabat, terlihat begitu menikmati detik-detik mereka kala menyaksikan pernikahan di KUA.

HAMPIR BERURUSAN DENGAN POLISI

Usai kabar pernikahan menjadi viral, polisi sampai ada yang mendatangi petugas KUA yang menikahkan keduanya. Polisi menduga ada praktik pernikahan yang melibatkan bocah di bawah umur.


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Arsyad Daud. Menikahkan Kakek Badu Dan Ika Nurjanah Pada Senin, 20 November 2017

Arsyad mengungkapkan jika karena pernikahan itu dirinya pernah berhadap dengan Polisi pada Sabtu, 25 November 2017. Kasatreskim Polres Kolaka mengkonfirmasi langsung kepada dirinya mengenai pernikahan itu.

"Saya didatangi karena mereka mau konfirmasi saja, katanya mereka dengar Ika Nurjannah masih di bawah umur," ucap Arsyad, Minggu, 26 November 2017.

Tidak mau disalahkan atau dikira menikahkan anak di bawah umur, Arsyad lantas memperlihatkan identitas pasangan tersebut saat ini sedang berbahagia, yakni memperlihatkan kartu keluarga Ika Nurjannah.

"Polisi baru percaya jika KUA menikahkan orang dengan latar belakang dan juga ketelitian untuk masalah usia," ujar Arsyad.

Menurut Arsyad, Kakek Badu adalah pria kelahiran 1961, Sementara untuk Ika Nurjannah adalah wanita kelahiran Maret tahun 2000. Masuk pada Maret 2018, Ika Nurjannah akan merayakan ulang tahunnya yang ke 18 tahun.

BULAN MADU DI KEBUN

Meski berusia senja, akan tetapi Kakek Badu tidak pernah kehilangan sisi romantisnya sebagai seorang pria. Usai berhasil membuat wajah Ika Nurjannah memerah lantaran dijanjikan malam pertama yang istimewa, Kakek Badu pun langsung memboyong Ika Nurjannah ke kebun.


Raisa Masa, Tetangga Kakek Badu mengucapkan usai akad nikah, keduanya hingga masih berbulan madu. Pasangan itu meninggalkan Kolaka sejak pekan lalu. Kakek badu bersama dengan Ika Nurjanah sudah masuk dan tinggal di kebunnya di Desa Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Mereka di kebunnya sekarang, sejak setelah menikah selama beberapa hari di Kolaka mereka langsung kembali ke desanya," ujar Rais Masa.

Raisa Masa mengucapkan jika kebun Kakek Badu letaknya cukup jauh dari keramaian. Untuk bisa mencapai sana ada beberapa perkebunan yang harus dilewati, perlu juga menggunakan perahu. Celakanya, satu-satunya perahu yang ada hanyalah milik Kakek Badu untuk mencapai kesana.

Advertisement

My Instagram