Mengenal Buah Seribu Rahmat

shares |

"Buah Melon yang segar ternyata memiliki banyak manfaat, diantaranya antikanker, antistroke hingga menurunkan kadar kolesterol. Namun, tahukah Anda selain menyembuhkan beberapa penyakit, Rasulullah Saw mengatakan bahwa buah ini juga mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat."

Buah Melon ( Sumber Gambar @Source )

MakNyak.com - Segarnya buah melon membuat buah ini banyak digemari. Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ini termasuk dalam jenis suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan garbis.

Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon langsung menyandang predikat sebagai buahnya orang kaya karena harganya yang mahal dan masih langka. Namun saat ini, melon sudah dibudidayakan di Indonesia sehingga semua orang dari berbagai lapisan masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga relatif murah.

Buah ini berasal dari Timur Tengah, bahkan melon sudah ada di Mesir sejak zaman 2400 SM. Biji melon dibawa ke Haiti oleh Columbus dan akhirnya disebarluaskan oleh para penjelajah Spanyol, berikutnya sampai ke Kalifornia.

Buah melon cukup digemari karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran dalam aneka minuman, ada pula yang mengonsumsinya sebagai jus.

SERIBU BERKAH

Selain menyegarkan, buah yang satu ini juga pernah disebut oleh Rasulullah dalam sebuah hadis, "Bilamana kamu makan buah-buahan, makanlah melon, karena itu adalah buah-buahan surga dan mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat. Memakannya akan menyembuhkan setiap penyakit."

Buah ini disebut sebagai buah dari surga yang mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat. Disebutkan pula, Rasulullah Saw selama hayatnya sering kali makan buah melon dengan kurma segar. Khasiat terkandung di dalamnya, baik untuk membersihkan kandung kemih, pencernaan, memperbaiki cairan sumsum tulang belakang, dan mempertajam penglihatan.

Melon mengandung vitamin B, C dan provitamin A, zat antikanker, serta antioksidan betakarotin. Fungsi betakarotin menghambat proses penuaan sel. Sel-sel di dalam tubuh kita makin lama makin tua, dan jika sudah terlanjur tua, tugas betakarotin meremajakannya kembali. Selain itu, betakarotin yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh yang membuat kita tidak mudah sakit.

Melon juga banyak mengandung asam alegat, yang sangat ampuh menggempur bibit sel kanker jenis apapun, dan juga membantu menormalkan tekanan darah. Buah yang berwarna hijau ini juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mencegah darah menggumpal, membersihkan kulit, melancarkan saluran pencernaan, dan menurunkan kadar kolesterol.

ANTIKANKER

Buah melon juga banyak mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon, bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung.

Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon dapat mencegah kanker dan menurunkan risiko serangan kanker paru-paru, karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.

Selain kanker, melon juga membantu menghilangkan asam urat. Melon juga merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia.

Vitamin A dan C-nya menyehatkan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. buah melon mempunyai daya di uretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Serta, dapat menumpas penyakit asam urat.

Related Posts