Mampu Menghalau Binatang Buas

Advertisement
"Selain dikenal sebagai penguasa yang adil dan saleh, Maslamah bin Mukhalid juga terkenal sebagai orang yang memiliki banyak karomah karena doa Rasulullah. Salah satunya adalah berkat doanya, binatang buas yang menghadangnya dapat dihalau dengan mudah."

Ilustrasi ( Sumber Gambar @Source )

MakNyak.com - Maslamah bin Mukhalid merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang terkenal sebagai penguasa Mesir dan Afrika. Dia juga tercatat di sejarah sebagai orang pertama yang memerintahkan membangun menara di Mesir untuk mengumandangkan azan.

Sejak saat itulah di Mesir tersiar azan untuk shalat lima waktu melalui menara-menara yang dibangunnya. Ukhuwah islamiyah di Mesir pun terjalin kuat. Tidak hanya itu, dengan adanya menara untuk azan, umat Islam dapat berduyun-duyun ke masjid untuk menunaikan shalat secara berjamaah.

SAHABAT PEMBERANI

Tidak heran jika saat ini setiap masjid di Madinah akan dilengkapi dengan bangunan menara-menara yang indah untuk mengumandangkan azan. Sehingga seruan untuk shalat berjamaah ini semakin tersiar dengan baik di Mesir, seiring bertambahnya masjid-masjid yang dibangun.

Maslamah merupakan sosok sahabat yang pemberani. Hal ini ditunjukkan pada masa ke khalifahan Umar bin Khatab, Amr ibn Ash yang sedang menghadapi tentara Romawi di Mesir meminta bantuan pada khalifah, maka Khalifah pun mengirimkan empat ribu prajurit yang dipimpin oleh empat sahabat. Salah satu sahabat yang memimpin 1000 prajurit itu adalah Maslamah bin Mukhalid.

MENDATANGKAN HUJAN

Dia juga tergolong sahabat yang doanya dikabulkan adalah karena doa Rasulullah. Maslamah juga termasuk salah satu sahabat yang dikarunia banyak karomah. Diantaranya adalah ketika ia turun ke sebuah lembah yang berada di antara dua gunung dan di sana tidak terdapat air. Kemudian dia menengadahkan tangan ke langit, berdoa kepada Allah agar diturunkan hujan. Maka turunlah hujan seketika itu juga.

Karamahnya yang lain adalah ketika ia memasuki Afrika. Saat itu dia harus melintasi sebuah lembah. Saat akan ke sana, ternyata ada seseorang yang mengatakan bahwa lembah itu berbahaya.

"Di lembah ini terdapat binatang-binatang buas dan ular-ular ganas".

Maka Maslamah dengan berani memberikan perintah yang diarahkan ke lembah tersebut, "Keluarlah". Akhirnya binatang-binatang buas dan ular-ular ganas itu keluar dengan membawa anak-anaknya.

Maslamah dan pasukannya pun dapat melintasi lembah itu dengan aman. Hewan-hewan buas itu pun mendapati tempatnya dengan aman pula.
Advertisement