Ini Tsunami Langit Yang Sangat Ditakuti Dunia Penerbangan

shares |

Advertisement
"Pada Kenyataannya Fenomena Ini Merupakan Contoh Dari Gelombang Helmhotz".

Tsunami Langit (Sumber Gambar @Earth Chronicles )

MakNyak.com - Tsunami yang terjadi di laut memang begitu menakutkan, dan bagaimana jadinya jika hal itu terjadi di langit? Tentu akan semakin menyeramkan.

Dan pada kenyataannya tsunami jenis inilah yang paling ditakuti dalam dunia penerbangan. Seorang pembuat film amatir, merekam sebuah fenomena unik yang terjadi di Austria, Eropa.

Fenomena unik dan juga menyeramkan itu disebut dengan nama Water Microburst yang terjadi di atas Danau Millstatt, Austria.

Terlihat awan gelap yang melintasi danau yang kemudian diiringi dengan guyuran air yang sangat deras, seperti Tsunami yang turun dari langit.

Tsunami Langit (Sumber Gambar @YouTube )

Para ahli mengungkapkan jika fenomena ini merupakan contoh dari gelombang Kelvin Helmhotz dan bisa saja terjadi di lautran atau atmosfer.

Fenomena ini terjadi kala ada lapisan fluida (udara maupun air) yang bergerak lebih cepat dari biasanya di atas lapisan fluida yang bergerak lebih lambat.

Gelombang air terbentuk kala fluida yang berupa angin, bergerak lebih cepat daripada air di permukaan.

Kala terjadi perbedaan kecepatan, gelombang yang terbentuk dan puncak gelombang akan bergerak ke depan.

Hal inilah yang dibenarkan oleh Chris Walcek, seorang pakar meteorologi dari Pusat Penelitian Atmosfer di Universitas New York.

Tsunami Langit (Sumber Gambar @Entertainment )

Menurut dirinya, pergerakan angin yang lebih cepat di atmosfer mampu untuk menyeret awan yang jalannya lebih lambat di bawahnya, sehingga menimbulkan potensi fenomena yang nyaris mirip dengan tsunami ini.

Walcek menambahkan, biasanya perbedaan suhu dan kecepatan antara dua lapisan udara kecil ini menghasilkan lapisan udara yang lebih atas hanya bergerak layaknya perselancar.

Akan tetapi jika terjadi perbedaan yang besar, turbulensi akan terbentuk di antara dua lapisan itu.

Gelombang Kelvin Helmohtz ini bakal terjadi jika perbedaan dua lapisan udara terjadi pada tempat yang tepat.

Besarnya perbedaan bisa mencapai ambang batas terjadinya turbulensi yang menjadikan dua lapisan saling bercampur.

Sangat menyeramkan Nak, Emak nggak bisa membayangkannya, yuk mari kita berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing semoga kita semua selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa... Amin.

Related Posts