Amalan Istimewa Di Bulan Zulkaidah

shares |

"Awal bulan Zulkaidah, Di bulan tersebut kita disunahkan untuk berpuasa, setidaknya puasa sunah tiga hari di pertengahan bulan itu."

Ilustrasi ( Sumber Gambar @Source )

MakNyak.com - Bulan Zulkaidah, inilah satu bulan di antara bulan-bulan yang disebut oleh Allah sebagai bulan haram.

Bulan dimana akan ada banyak sekali limpahan pahala, dan ibadah yang kita lakukan tentunya akan lebih menjadi sebuah hal yang baik di hadapan Sang Pencipta.

LIMPAHAN PAHALA

Subhanallah, sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir lagi, bulan haram tersebut dijadikan sebagai bulan yang suci lagi diagungkan kehormatannya. Di dalamnya amalan-amalan yang baik akan dilipatgandakan pahalanya.

Di bulan kesebelas dalam kalender Islam itu begitu istimewa karena di dalamnya Allah melarang manusia untuk berperang.

MASUK BULAN HAJI

Keutamaan lainnya, bulan Zulakidah termasuk di antara bulan-bulan haji, sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 197, "(Muslim) haji adalah beberapa bulan yang di maklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik, dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal."

UMRAH NABI

Di bulan tersebut juga Rasulullah Saw melaksanakan umrah. Menurut Ibnu Rajab; Rasulullah pernah melakukan umrah empat kali dalam bulan-bulan haji. Sebagaimana hadis dari Anas bin Malik Ra, beliau mengatakan, "Nabi Saw melakukan Umrah sebanyak empat kali, semuanya di bulan Zulkaidah, kecuali umrah yang dilakukan bersama hajinya. Empat umrah itu adalah umrah Hudaibiyah di bulan Zulkaidah, umrah tahun depan di bulan Zulkaidah,...." (HR Al Bukhari).

PUASA SUNAH

Sebagaimana di bulan-bulan Islam lainnya, di bulan Zulkaidan pun kita disunahkan untuk berpuasa tiga hari. Dari Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash, Rasulullah Saw bersabda, "Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang tahun," (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan An Nasai).

Untuk pelaksanaan puasanya, sebaiknya di laksanakan pada ayyamul bidh (hari-hari putih), yaitu tanggal 13, 14, dan  15 dari bulan Hijriyah.

Rasulullah Saw bersabda, "Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ke 13, 14 dan 15," (HR Tirmizi).

Fadilah atau keutamaannya luar biasa, yakni berpahala puasa setahun. Dari Jabir bin Abdillah, Nabi Saw bersabda, "Puasa tiga hari setiap bulan adalah puasa dahr (puasa setahun). Dan puasa ayyamul bidh (hari-hari putih) adalah hari ke-13, 14 dan 15," (HR An-Nasai).

Mudah-mudahan kita semuanya mampu untuk menjalankannya.

Related Posts