Rahasia Kebahagiaan Yang Diajarkan Anak

shares |

Advertisement
"Kadang Kita Lupa Untuk Berbahagia, Dan Mungkin Sekarang Bukan Kita Yang Memberikan Pelajaran Kepada Anak, Justru Sebaliknya Kita Yang Juga Belajar Dari Anak Untuk Mendapatkan Kebahagiaan"

Sumber Gambar ( Foto @Source )

MakNyak.com - Ekonomi sulit dapat menambah stres, yang sering bisa ditangkap anak. Tapi jajak pendapat yang dilakukan para periset pada anak-anak menemukan, lebih dari 7 di antara 10 anak merasa sangat bahagia dan hampir separuh mengatakan lebih bahagia dibanding tahun lalu.

Optimisme mereka tak ada hubungannya dengan hadiah atau popularitas, tapi dengan hal-hal sederhana yang kita semua bisa gunakan untuk membuat hidup lebih cerah.

BUAT SEDERHANA

Bagi sebagian besar orang, mengencangkan ikat pinggang sering berarti kembali ke dasar, tulis Christine Carter, PhD, dalam Raising Happiness. Hampir semua anak disurvei mengatakan, melewatkan waktu bersama keluarga sangat penting untuk kebahagiaan mereka. Pada kenyataannya, 59% mengatakan, mereka senang dengan malam main bersama keluarga.

Tips meningkatkan kebahagiaan: Orang dewasa juga bisa mendapatkan khasiat dari kumpul bersama keluarga. Buat jadwal malam nonton film keluarga atau main game papan bersama sekali seminggu.

MEMANJAKAN HUMOR

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Lebih dari 78% anak mengatakan, tertawa adalah pengusir utama rasa murung dan menurut para ahli, mereka benar. Tertawa melepaskan zat kimia otak rasa bahagia yang disebut endorphin. Dan anak-anak tertawa jauh lebih banyak dibanding kita, menurut sebuah studi, sekitar 350 kali sehari, dibanding orang dewasa yang hanya tertawa 12 kali.

Tip meningkatkan kebahagiaan: Cari video lucu di YouTube atau lelucon televisi dan ceritakan. Soctt Haltzman, MD, dalam buku The Secrets of Happy Families mengatakan, humor bersifat menular, membuat orang lain tertawa juga akan membuat Anda tersenyum.

KURANGI KECEPATAN

Orang dewasa melihat kebahagiaan mereka terikat pada faktor gambaran besar seperti naik gaji, sementara anak-anak berkemungkinan lebih besar melihat kesenangan-kesenangan sederhana seperti permen di dalam kotak bekal mereka. Dan penyebabnya sebagian adalah, mereka tidak mencemaskan hak-hal besar, tapi mereka masih bisa mengajari kita menikmati kesenangan-kesenangan kecil dalam hidup. Ketika anak-anak mengerjakan sesuatu yang mereka sukai, mereka tidak memikirkan hal lain. Mereka juga sangat fokus, mereka mendapatkan paling banyak kebahagiaan dalam setiap saat.

Tips meningkatkan kebahagiaan: Tetapkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang mengkhawatirkan. Membatasi kerisauan pada satu waktu khusus membebaskan sisa hari Anda untuk bersenang-senang.

KEBANGKAN SISI SPIRITUAL

Sebuah studi menemukan, spiritualitas mencakup 25% kebahagiaan anak. Tapi tidak berarti anak yang paling periang ke gereja atau berdoa, kata periset. Yang meningkatkan kebahagiaan mereka adalah komponen-komponen spiritualitas: ikatan personal yang kuat, koneksi dengan komunitas, percaya pada kekuatan yang lebih tinggi dan apresiasi pada alam.

Tip meningkatkan kebahagiaan: Luangkan waktu 15 menit sehari mengerjakan sesuatu yang membangkitkan semangat. Telepon teman misalnya, atau Jalan kaki atau jadi relawan. Dengan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda adalah bagian dari keseluruhan yang lebih besar, investasi waktu yang kecil ini bisa membayarkan dividen kebahagiaan yang besar.

GUNAKAN IMAJINASI

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Anak-anak belajar lewat permainan imajinasi. Setiap kali menemukan ide orisinal, apakah puisi, lukisan, atau resep baru, Anda membuka jalan neural baru yang membuat lebih mudah menyelesaikan masalah apa saja yang muncul.

Tip meningkatkan kebahagiaan: Manfaatkan sisi kreatif Anda, misalnya dengan menulis cerita, berkhayal atau menata ulang perabot rumah. Terus menemukan hal-hal baru yang membuat senang bisa meningkatkan kebahagiaan, berapa pun usia Anda.

BANGKIT DARI SOFA

Anak-anak lebih aktif dibanding orang dewasa dan melakukan aktivitas fisik mengalirkan endorphin rasa senang. Tapi ini bukan satu-satunya alasan. Para periset menemukan, anak yang paling aktif paling bahagia. Tim Sport juga meningkatkan network sosial. Dan orang dewasa bisa mendapatkan hasil serupa.

Tips meningkatkan kebahagiaan: Pertimbangkan bergabung dengan tim softball atau bowling. Tak suka aktivitas tim? Jalan kaki di sekitar lingkungan kediaman juga bisa memberikan khasiat ini.

Related Posts