Lama Tak Terlihat, Begini Nasib Tawan Si Pencipta Robot Iron Man Asal Bali

shares |

Advertisement
"Ia Terpaksa Harus Mempensiunkan Temuan Hebatnya Itu Karena Adanya Suatu Hal"

Tawan Si Iron Man Dari Indonesia

MakNyak.com - Perputaran roda nasib manusia itu memang tidak akan pernah ada yang tahu, memang selalu menjadi misteri yang sangat rahasia. Tidak ada makhluk di dunia ini yang bisa mengetahuinya dengan pasti. Begitu juga dengan Tawan. Pria dari Karangasem, Bali ini sempat viral di Indonesia karena lengan robot ciptaannya.

Sempat mendapat julukan Iron Man nya Indonesia, Tawan diketahui adalah pembuat lengan bionik yang diklaimnya bisa dikendalikan melalui pikiran. Kisahnya sempat viral di media sosial, dan mendorong para ahli untuk meneliti dan menguji keaslian benda mekanis ciptaannya itu. Akan tetapi usai beberapa tahun lalu, keberadaan Tawan seolah hilang ditelan bumi.

Tawan diketahui menutup bengkel las yang ia miliki, Ia dikabarkan bangkrut lantaran tidak bisa membayar sejumlah hutang yang melilit dirinya. Padahal, Tawan sebelumnya kerap kebanjiran orderan usai lengan robotnya itu banyak dibicarakan oleh orang banyak.

BANGKRUT DAN TUTUP LAPAK

Dengan memanfaatkan onderdil bekas, Tawan mencoba merakit sebuah lengan robot mekanis. Ia mempergunakan hasil ciptaannya itu untuk membantu kinerja tangan kirinya yang lumpuh karena serangan stroke. Berkat pemberitaan media yang luas, Tawan pun mendapatkan rezeki nomplok. Pelanggannya bahkan meluas dari pengusaha pariwisata, restoran sampai dengan holtel di sekiar tempat tinggalnya.

Bengkel Las Tawan

Mereka kerap mengorder kanopi, pembuatan gerbang dan jasa las yang memang merupakan keahliannya. Akan tetapi kisah manis itu tidak berlangsung lama. Bencana Erupsi Gunung Agung yang terjadi beberapa waktu lalu, sudah mengubur mata pencaharian Tawan secara perlahan. Restoran, Hotel dan Usaha pariwisata menjadi sektor bisnis yang mendapatkan dampak langsung atas Erupsi tersebut. Akibatnya tidak ada lagi pesanan yang bisa dikerjakan oleh Tawan yang menjadi sumber penghasilannya.

TAK BISA BAYAR UTANG

"Ada juga pesanan yang sudah jadi dan juga sudah dipasang akan tetapi pesanannya tidak bisa dibayar, karena kehilangan pekerjaan. Saya juga jadinya bingung," ucap Tawan

Erupsi Gunung Agung

Alhasil Tawan pun menutup usaha bengkelnga lantaran tidak bisa membayar utang cicilannya. Sebelumnya, Tawan menyewa tempat itu menjadi bengkelnya itu lima tahun dengan harga Rp. 25 Juta. Tawan pun semakin bingung kala dirinya masih harus melunasi hutang keuangan yang jumlahnya tidak sedikit yaitu Rp. 20 Juta.

Lantaran sudah macet, Tawan pun tidak bisa membayar hutang-hutangnya itu. Ia juga menolak beberapa bantuan yang datang kepada dirinya. padahal, Tawan sempat menerima bantuan dari Pemprov Bali untuk mengembangkan usahanya. Kini ia hanya bisa pasrah dengan nasibnya. "Saya sudah siap-siap mau menjadi seorang petani saja. Tidak ada pilihan lain. Saya sudah lapor ke klian subak di rumah," ujarnya.

Tawan

Lengan robot ciptaan Tawan itu sempat mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang memberikan dukungan, akan tetapi ada juga yang mencibirnya. Akan tetapi melihat nasibnya saat ini, kita hanya bisa berharap yang terbaik untuk Tawan dan keluarganya. Agar Indonesia, masih tetap bisa mempunyai seseorang yang kreatif dan bertalenta seperti Tawan dengan lengan robot miliknya.

Related Posts